5 Penyebab Luka Pengasuhan Masa Lalu Belum Hilang

 

luka pengasuhan masa lalu

Percaya atau tidak kalau luka emosional yang kita dapatkan di masa kecil bisa jadi tak pernah benar-benar hilang. Ada jiwa kanak-kanak yang terbawa hingga dewasa. Lukanya masih ada, menganga.

Kalau kamu pernah mendengar istillah inner child, kamu mungkin ingin tahu artinya. Sederhananya, inner child merupakan sebuah konsep yang menggambarkan sikap kekanak-kanakan pada seseorang. Anak kecil ini menetap di alam bawah sadar seseorang bahwa ketika orang tersebut telah beranjak dewasa.

Luka inner child merupakan sebuah luka emosional yang dialami pada masa kanak-kanak dan belum disembuhkan dengan sempurna hingga dewasa. Penyebab luka ini bisa bermacam-macam seperti misalnya pengabaian alias tidak cukup mendapatkan perhatian di masa kecil, pelecehan, penolakan, hingga kekerasan.

Mengapa luka inner child tidak benar-benar hilang? Singkatnya, luka inner child tidak sembuh-sembuh karena luka itu stuck  dalam pikiran dan perasaan kita dan tidak kita ‘bebaskan’. Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi cepat tidaknya penyembuhan luka inner child sebagai berikut :

·        Keterikatan Emosional (emotional attachment)

Orang yang belum move on dari masa lalu biasanya memiliki keterikatan emosional yang tinggi terhadap hal di masa lalu. Keterikatan pada pengalaman tidak mngenakkan di masa lalu dapat membuat luka inner child makin susah disembuhkan. Keterikatan ini dapat disebabkan karena rasa adanya takut atau rasa bersalah.

·        Pengalaman Traumatik

Pengalaman traumatis memengaruhi kecepatan penyembuhan luka inner child. Trauma dapat memicu kondisi psikologis yang berpengaruh terhadap kemampuan untuk mengatasi pengalaman dan perasaan negative di masa lampau.

·        Pola pikir sama berulang

Apabila kita mengulangi pola pikiran yang sama, maka akan ada luka yang sama. Kalau dalam filosofi stoic disebutkan bahwa bukanlah kejadian hal yang terpenting, melainkan pikiran dan sikap kita dalam merespon kejadian tersebut.

·        Penyangkalan

Ketika kita menyangkal luka emosional tersebut, sesungguhya kita tidak mengakui bahwa kita memiliki luka inner child. Apabila kita menyangkal luka, kita pun menyangkal upaya penyembuhan yang bisa kita lakukan.

·        Terus menerus terluka

Bagaimana kita bisa sembuh jika luka it uterus ada hingga dewasa? Namun, pelan-pelan, alih-alih menyangkal luka, kita bisa berupaya berdamai dengannnya.

Memang, luka inner child itu susah disembuhkan lantaran sudah menetap bertahun hingga berpuluh tahun. Maka, untuk menyembuhkan luka inner child dibutuhkan kesabaran, kemauan, waktu dan kemampuan untuk mengatasi pengalaman masa lalu.

Seseorang dengan luka pengasuhan masa lalu bisa memilih menyembuhkan lukanya, misal dengan mendatangi psikolog atau membiarkan lukanya terus ada.

Maka, pilih-pilihlah dengan bijak! Bagaimana pengalamanmu menyembuhkan luka masa lalu? Share yuk!

 

Referensi ;

Apa itu Inner Child dan Bagaimana Cara Menemukannya? (tirto.id)

Apa Itu Inner Child? Kenali Pengertian dan Cara Berdamai dengan Luka Masa Kecil (sehatq.com)

 

 


Comments

Popular posts from this blog

5 Tips Agar Tak Memilih Childfree

5 Cara Membuat Anak Gemar Membaca