5 Cara Membuat Anak Gemar Membaca

Wah, Rafandra di usia tiga tahun ini sudah bagus banget ya bu komunikasinya. Sudah lancar banget komunikasi dua arahnya. 
Ya, bu, alhamdulillah. 


Berikut potongan dialog antara saya dengan wali kelas kelompok bermain Rafandra. Memang, alhamdulillah di usia 2 tahun Rafandra sudah casciscus ngomong. Saya yakin salah satu penyebabnya adalah kegemarannya membaca. 

Eits, emang anak sekecil itu sudah bisa membaca?

Seribu hari pertama perkembangan anak merupakan masa emas perkembangan otak anak. Maka dari usia Rafandra bayi, saya berusaha menstimulus perkembangan otaknya melalui membacakan buku cerita. Sekarang di usia Rafandra tiga tahun alhamdulillah matanya selalu 'hijau' ketika melihat buku. Ia mengambil bukunya lalu menceritakan kisah di buku tersebut. Kadang kala, ia juga meminta saya membacakan buku untuknya.


Menurut saya, setidaknya ada lima cara membuat anak gemar membaca:

  • Orang tua yang gemar membaca
Mau nggak mau, jika kita menginginkan anak gemar membaca, kita sendiri sebagai orang tua harus gemar membaca terlebih dahulu. Anak melakukan suatu hal dengan baik utamanya karena ia mencontoh orang tuanya. 
  • Pilihkan buku yang menarik untuk anak
Untuk anak seusia Rafandra, buku yang menarik adalah buku cerita bergambar warna-warni. Sesuaikan dengan tahapan perkembangan anak.
  • Jadikan membaca sebagai kegiatan menyenangkan
Sebagaimana halnya bermain, jadikan membaca buku sebagai aktivitas yang menyenangkan untuk anak. Ketika membacakan buku untuk anak, pasanglah mimik dan berikanlah nada suara riang. Kemampuan story-telling orang tua akan sangat membantu.
  • Sediakan waktu khusus untuk membaca
Biasanya, kami membaca buku sebelum Rafandra tidur. Awalnya, saya membacakan buku untuk Rafandra, lalu mulai usia nyaris tiga tahun ia membaca sendiri bukunya. Ia melihat gambar yang ada di buku lalu menirukan cara saya membacakan buku untuknya dengan improvisasi kadang-kadang.
  • Berikanlah penghargaan ketika ia selesai membaca
Penghargaan tak harus mengeluarkan uang. Berikanlah pujian dengan tulus ketika anak selesai membaca. Apresiasi akan membuatnya makin semangat untuk membaca. Mungkin seiring anak bertambah usia, apresiasi dapat berupa hadiah kebendaan.

Nah, apa cara membuat anak gemar membaca versimu? Share, yuk!

Comments

Popular posts from this blog

5 Tips Agar Tak Memilih Childfree

5 Penyebab Luka Pengasuhan Masa Lalu Belum Hilang