Rekomendasi Buku Parenting Islami

rekomendasi buku parenting islami

Peribahasa Jawa mengatakan anak polah bapa kepradah. Kasus Mario Dandy yang menyeret orang tuanya merupakan contoh bahwa anak tak bisa dilepaskan dari didikan orang tuanya. Orang tua merupakan sosok pertama yang meletakkan pondasi bagi jiwa anak, termasuk pondasi keimanan dan keislaman.

Sebagai seorang Muslim, mengajarkan anak nilai-nilai islami dan mendidik anak sesuai agama adalah hal yang utama. Namun, bagaimana orang tua bisa mengajarkan jika ia sendiri tak paham bagaimana caranya?

Beruntungnya, sudah banyak buku-buku parenting Islami yang dituliskan yang bisa menjadi salah satu sumber rujukan orang tua Muslim dalam mendidik anak. Apa saja?

  • The Secret of Enlightening Parenting

Buku yang ditulis oleh Okina Fitriani dkk ini didasarkan pada kitab suci Al Qur’an dan hadits serta psikologi perkembangan dan teknik Neuro Linguistic Programming (NLP). Dengan perpaduan antara uraian teori, contoh penerapan teori dalam kehidupan sehari-hari, serta kisah-kisah nyata membuat buku ini layak menjadi salah satu acuan dalam mendidik anak secara Islam.

Ringkasan buku bisa dibaca di sini

  • Saat Berharga untuk Anak Kita

Buku yang ditulis oleh Ustadz Muhammad Fauzil Adhim ini menekankan orang tua untuk meluangkan waktu di usia emas anak yang sebentar saja. Bagaimana orang tua mampu mengelola emosinya dan mendidik anak untuk mengenal sang pencipta. Ya, buku ini kental dengan dorongan agar orang tua menanamkan tauhid semenjak dini. 

  • 7 Kiat Orang Tua Shalih Mendidik Anak yang Disiplin dan Bahagia

Buku yang ditulis oleh Ihsan Baihaqi Ibnu Bukhari ini membahas bagaimana agar orang tua mampu mendidik anak secara disiplin tetapi tetap bahagia. Hal yang amat ditekankan dalam buku ini adalah agar orang tua mampu menjalin ikatan emosional (bonding) yang kuat dulu dengan anak sebelum menyuruh-nyuruh anak. Bahasa yang digunakan dalam buku ini tegas dengan tetap mengalir dan kaya akan contoh kisah nyata.

  • Saatnya Ibu Menjadi Ibu

Buku yang ditulis oleh Febrianti Almeera ini menitikberatkan agar perempuan menjalani fitrahnya sebagai seorang ibu yang mampu mendidik anak untuk mengenal Tuhannya. Di dalam buku ini dijabarkan bagaimana pendidikan berbasis rumah dan juga berbasis fitrah. 

Ringkasan bukunya bisa dibaca di sini

Nah, berikut rekomendasi buku parenting Islami dari saya. Apa rekomendasi buku parenting Islami dari kamu? Share, yuk!


Comments

Popular posts from this blog

5 Tips Agar Tak Memilih Childfree

5 Cara Membuat Anak Gemar Membaca

5 Penyebab Luka Pengasuhan Masa Lalu Belum Hilang